Tips Membuat Dekorasi Ruangan Kecil Terlihat Luas dan Nyaman

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Tips Membuat Dekorasi Ruangan Kecil Terlihat Luas dan Nyaman. Untuk ruangan kecil, segalanya dianggap penting. Ruangan sempit bisa terasa mengurung dan tak nyaman. Namun dengan konsep desain tertentu akan membuat interior terkesan jauh lebih luas dibanding sebelumnya. Trik warna, penataan furnitur, maupun pencahayaan yang tepat akan membuat segalanya terasa longgar. Dekorasi ruangan yang bagaimana yang membuat ruangan terasa lapang?

Aplikasikan warna-warna cerah dan kontras

Warna ruangan ternyata dapat berpengaruh pada suasana hati penghuninya. Sudah banyak yang membuktikan jika warna-warna cerah akan menjadikan ruangan terkesan lebih luas dan semarak. Dinding dengan cat cerah dan reflektif membuat ruang terasa lapang yang akan membantu menyempurnakan efek yang dihasilkan cahaya dari luar. Sebaliknya warna gelap malah menyerap cahaya yang mengakibatkan ruangan terkesan lebih sempit. Untuk kesan maksimal, gunakan warna lembut putih pudar, biru atau hijau. Coba memasang hiasan dinding dengan warna lebih cerah dibanding dinding maka akan membuat kesan dinding yang jauh ke belakang, menghasilkan ruang tamu terlihat lebih lapang. Jangan lupa juga, pasang gorden roller blind jendela dengan warna cerah tanpa motif yang ramai. Roller blind dengan warna cerah akan mendukung kesan dekorasi ruangan yang lapang.

Pencahayaan

Membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan akan membuatnya terkesan lebih luas. Aplikasikan jendela besar yang akan menjadi jalan masuk cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Lengkapi jendela besar itu dengan gorden roller blind untuk mengatur tingkat cahaya yang bisa masuk ke dalam ruangan. Gorden roller blind menawarkan banyak pilihan warna cerah.  Bila ternyata ruangan tak mendapatkan sumber cahaya alami, Anda bisa menambahkan beberapa efek kreatif memanfaatkan aksesoris pencahayaan misalnya cermin. Anda akan takjub, bagaimana hanya dengan menambahkan cermin akan membuat ruangan menjadi lebih lega.

Jaga Kerapian

Pertahankan supaya ruangan selalu rapi dan teratur. Tak ada yang mengakibatkan ruangan kecil terasa sumpek kecuali adanya perabotan di sana sini. Dengan segala sesuatu tertata rapi dan tak terlihat maka ruangan pun terasa terbuka. Ruangan berantakan membuat penghuninya merasa terjepit diantara perabotan. Tidak usah melapisi dinding dengan berbagai macam lukisan. Sebuah lukisan besar sudah cukup daripada menempelkan banyak lukisan kecil di dinding. Ketika merancang dekorasi ruangan kecil, ciptakan titik fokus di satu area yang akan menarik perhatian. Buat lantai dengan warna secerah mungkin. Ini merupakan salah satu cara mudah dekorasi ruangan kecil terasa lapang.

Optimalkan Penataan Perabotan

Adakalanya perabotan di dalam ruangan malah memakan banyak ruang. Untuk itu manfaatkan furnitur multifungsi, misalnya peti yang bisa difungsikan juga untuk meja kopi, tempat tidur sofa, atau ranjang dengan laci sebagai tempat penyimpanan pakaian di bawahnya. Aplikasikan meja makan yang bisa dimekarkan, meja lipat, ataupun meja portabel yang bisa disimpan ketika Anda tak membutuhkannya. Posisikan perabotan besar di dinding demi mengoptimalkan ruang terbuka. Ukuran furnitur harus sesuai dengan ukuran ruangan, dan hindari menempatkan yang akan menghalangi jalan masuk. Bilamana furnitur dan dekorasi ruangan menghalangi pandangan ke dalam ruangan maka akan membuat ruangan terkesan sempit. Sekurang-kurangnya beberapa furnitur mesti mempunyai warna yang sama dengan cat dinding. Tujuannya adalah agar furnitur itu bisa berbaur dengan warna ruangan yang akan memperkuat kesan luas. Keluarkan perabotan dan furnitur yang tak memiliki fungsi penting seperti meja rias yang bisa ditempatkan di lorong atau kursi dan meja belajar diganti dengan meja kecil saja.

Tinggalkan Komentar

Tentang Kami

Ana Interior menyediakan berbagai model tirai/gorden roller blind, vertical blind, outdoor blind dan gorden anti darah  untuk rumah sakit dari berbagai merk, dan juga produk  wallpaper, lantai vinyl, sticker kaca sandblast, dan karpet untuk memenuhi kebutuhan interior anda

Artikel Terbaru

Baca Juga

Ikuti Kami

× Chat with us on Whatsapp