Ruangan Pasien di Rumah Sakit Juga Butuh Cahaya Matahari. Desain kamar rumah sakit terbukti memiliki dampak signifikan pada perawatan pasien dan hasil pemulihan. Pasien mengandalkan para staf saat merespon situasi darurat dengan cepat, memeriksa kesehatan, dan memastikan penyembuhan tuntas. Namun, dokter dan perawat hanya dapat merawat pasien secara efektif ketika mereka dapat melakukan tugas secara efisien bila desain rumah sakit tepat.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi arsitek ketika merancang ruangan pasien rumah sakit adalah kebutuhan untuk mengakomodasi tiga fungsi yang sangat berbeda. Pertama, ruangan harus nyaman dan menenangkan pasien. Kedua, perawat harus dapat mengelola ruang dengan cepat dan efisien. Dan terakhir, keluarga dan pengunjung lain harus memiliki area di mana mereka dapat duduk atau tidur dengan nyaman tanpa mengganggu aliran kerja staf atau pemulihan pasien. Untuk rumah sakit dengan ruang-ruang perawatan sempit, itu adalah tantangan serius untuk mendesainnya. Tantangan lain dari desain ruang rumah sakit adalah bagaimana mengatur agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam.

Pencahayaan, Ventilasi, dan Akustik

Pasien dan staf membutuhkan banyak ventilasi untuk masuknya cahaya matahari dan udara luar yang segar. Pencahayaan dari cahaya matahari di ruangan rumah sakit bervariasi. Tingkat pencahayaan terbanyak ada di pintu masuk ke ruang pasien, di mana perawat melakukan tugas mereka, serta di ruang perawat. Menerapkan jendela lebar dengan tambahan roller blind akan dapat mengurangi risiko gangguan terhadap pasien saat mereka mencoba untuk tidur. Roller blind didesain untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya matahari yang masuk ke ruang pasien.

Cahaya matahari pagi yang masuk ke ruang pasien seperti diketahui sangat bermanfaat dalam mempercepat kesembuhan pasien. Sinar matahari pagi di atas jam 9 pagi memiliki kandungan sinar UVB. UVB memiliki manfaat tinggi sebab mengandung vitamin D yang diperlukan tulang. Vitamin D alami dari cahaya matahari akan menjaga tulang dari pengeroposan dan menghasilkan tulang yang sehat. Sinar UVB matahari pun akan menstimulasi sel-sel kulit menghasilkan vitamin D. Pasien tak usah mengkonsumsi suplemen vitamin D atau vitamin sebab sudah dicukupi oleh cahaya matahari.

Sistem HVAC (heating, ventilation, dan air-conditioning) harus diterapkan untuk mengurangi tingkat kebisingan di ruang pasien yang terletak di dekat area kerja dengan lalu lintas orang yang tinggi. Ventilasi yang baik aka meningkatkan kenyamanan pasien dan staf, serta pemulihan kesehatan pasien. Dengan mempertimbangkan semua detail desain tadi, arsitek dapat merancang ruang rumah sakit yang sepenuhnya mendukung efisiensi kerja staf sambil juga menawarkan tempat yang tenang bagi pasien untuk pulih.

Desain Kamar Rumah Sakit yang Efisien

Ruang pasien rumah sakit harus menjadi ruang yang aman di mana pasien merasa dirawat dengan baik dan perawat dapat dengan mudah memberikan perawatan. Detail desain yang digunakan tidak hanya mampu merampingkan alur kerja staf tetapi juga dapat membantu meningkatkan tingkat pemulihan pasien dan menghasilkan kepuasan pasien yang lebih tinggi. Ini, pada gilirannya, bahkan dapat memberikan peningkatan pada pemasukan yang didapatkan rumah sakit. Sebuah studi membuktikan jika biaya perawatan akan menurun 2 % ketika tingkat kepuasan pasien tinggi.

Konfigurasi ruang pasien dengan model U atau C paling baik bila diterapkan di ruang ICU. Ini karena memungkinkan staf dan perawat untuk mengamati dan dengan cepat mengakses setiap kamar pasien dari ruang perawat utama. Pintu dengan jendela panel kaca pun sangat tepat diterapkan. Hal ini memungkinkan visibilitas perawat ke ruang pasien. Penempatan peralatan yang diperlukan juga berdampak pada efisiensi staf. Misalnya laci kecil yang dipasang di dinding koridor ruang pasien untuk menyimpan peralatan penting akan mempermudah perawat saat membutuhkannya.

Memenuhi Kebutuhan Roller Blind

Ana Interior adalah Distributor gorden roller blind , stiker kaca, sandblast, lantai vynil, wallpaper, carpet dan aksesoris dengan alamat kantor di Jl. Toddopuli Raya Timur Ruko Ilma Residence RK.06, Makassar. Ana Interior siap memberikan rekomendasi dan saran terbaik terkait jenis dan model gorden roller blind yang sesuai dengan desain rumah sakit atau klinik.

Ana Interior adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan produk Interior dan menjadi solusi terbaik kebutuhan dekorasi ruangan kantor, rumah, hotel, cafe, dan rumah sakit. Ana Interior beroperasi sekaligus di 8 kota besar di tanah air yang meliputi Makassar, Surabaya, Jakarta, Palopo, Kendari, Sinjai, W a j o dan Pinrang. Percayakan segala kebutuhan gorden roller blind ke Ana Interior untuk menjamin kualitas terbaik dengan harga yang rasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *