67. mitos atau fakta, desain ruangan rumah sakit pengaruh pada kesembuhan

Saat sedang sakit, Anda mungkin akan selalu merasa gusar atau gelisah. Segalanya terasa tidak nyaman, Anda mungkin akan menjadi sangat sensitif dengan hal-hal yang ada di sekitar Anda. Baik itu kebisingan, suhu ruangan, bahkan hingga pencahayaan ruangan. Hal ini merupakan satu hal yang wajar bagi siapa saja. Oleh karena itu, setiap rumah sakit selalu berusaha memberikan kondisi yang nyaman bagi setiap pasien, termasuk dengan senantiasa memperhatikan desain ruangan.

Banyak orang yang mungkin memandang sebelah mata desain ruangan yang digunakan bagi pasien. Tetapi, hasil penelitian menunjukkan hasil yang berbeda terhadap permasalahan ini. Faktanya, desain ruangan memegang peranan penting dalam mempengaruhi kesembuhan pasien.

Terutama bagi pasien yang harus menjalani hospitalisasi (rawat inap) yang mengharuskan pasien melakukan adaptasi terhadap lingkungan rumah sakit. Desain ruangan di dalam ruang perawatan pasien dapat menjadi salah satu upaya untuk membantu proses adaptasi mereka yang tentu dapat memberi dampak signifikan pada proses penyembuhan yang sedang berlangsung.

Desain ruangan rumah dewasa ini bergerak kepada desain yang lebih menampakkan keindahan. Rumah sakit tidak saja terlihat sebagai fasilitas kesehatan biasa, tetapi dengan desain ruangan yang tepat dapat menunjukkan desain fasilitas kesehatan yang nyaman dan ramah pasien. Yang terpentig dari kesemuanya tentu untuk menghadirkan perasaan yang lebih baik bagi pasien yang berujung pada keberhasilan proses perawatan dan penyembuhan pasien tersebut.

Salah satu elemen yang tidak terpisahkan dari desain ruangan rumah sakit adalah penggunaan tirai yang tentu telah menjadi ciri khas dari setiap rumah sakit manapun. Anda juga memperhatikan hal tersebut, bukan? Setiap rumah sakit selalu menggunakan tirai atau gorden yang sering kali digunakan sebagai penyekat atau pembatas antar pasien. Tirai ini teruatama mudah ditemukan di ruang UGD atau ICU.

Untuk beberapa orang keberadaan tirai ini bisa saja menghadirkan perasaan tidak nyaman terutama bagi pasien. Tetapi, penggunaan tirai tersebut adalah satu kebutuhan pada setiap rumah sakit, klinik kesehatan atau berbagai penyedia fasilitas kesehatan lain. Hal ini mengingat fungsi dari tirai tersebut.

Nah, agar desain ruangan ruang perawatan yang menggunakan tirai dimaksud tetap nyaman bagi pasien, maka dapat diakali dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan memilih warna tirai yang cocok. Jika Anda mengunjungi rumah sakit kebanyakan warna yang akan Anda temui adalah warna putih. Secara tidak langsung akan bedampak pada kejiwaan pasien yang akan merasa tertekan. Maka, untuk pemilihan warna tirai dapat menggunakan warna ang berbeda, akan tetapi tetap dapat memberi efek menenagkan. Sebut saja seperti warna hijau, peach, atau krem.

Sebagaimana disebutkan, penggunaan tirai ini adalah suatau kebutuhan sebab melihat pada fungsinya. Fungsi dari tirai atau gorden yang biasa Anda temui di rumah sakit ialah sebagai salah satu alat untuk menjaga kesterilan rumah sakit bersangkutan. Hal ini dikarenakan tirai tersebut pada materialnya telah dicampurkan dengan bahan kimia khusus yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Mengingat bahwa rumah sakit adalah tempat yang rentan untuk penyebaran berbagai bakteri penyebab penyakit. Olehnya, dibutuhkan pula tirai yang mudah dibersihkan agar kesterilannya dapat terus terjaga.

Selain itu, belakangan ini telah digunakan pula jenis tirai yang tahan api, tidak mudah terbakar. Hal ini tentu penting sebab rumah sakit adalah wilayah yang rentan pada kebakaran dan termasuk untuk menjamin keselamatan pasien.

Untuk mewujudkan desain ruangan sebagaimana telah dipaparkan, Anda akan membutuhkan jasa Ana Interior. Sebuah badan uasaha yang bergerak dalam penyediaan berbagai kebutuhan interior Anda, termasuk tirai atau gorden rumah sakit. Tim profesional Ana Interior akan datang langsung ke tempat Anda untuk melakukan pengukuran. Memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat.

Ana interior menyediakan tirai rumah sakit dengan harga yang bersahabat dengan dua jenis tirai, yakni tirai anti bakteri dan tirai PVC. Masing-masing harga untuk kedua jenis tersebut adalah 354.000 rupiah/m2 dan 146.000 rupiah/m2. Harga yang sesuai dengan kualitas terjamin. Tunggu apa lagi? Hubungi Ana Interior di nomor 0811410061 atau melalui link https://www.anainterior.co.id/. Anda juga dapat mengunjungi off line store di alamat Jl. Wr. Sila No. 111 Jagakarsa, Jakarta Selatan. Jika Anda berada di luar Jakarta, tak perlu khawatir sebab Ana Interior memiliki bebrbagai cabang, yakni Makassar, Surabaya, Wajo, Sinjai, Bulukumba, Bone, Pinrang, Palopo, Gorontalo, dan Ternate. Pesan sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.