Cara buka usaha sendiri dengan modal minimal tentu ingin diketahui banyak orang. Jika Anda ingin beralih dari karyawan menjadi seorang pengusaha maka tak ada jalan lain, Anda harus membuka bisnis Anda sendiri. Namun itu bisa menjadi hal yang sangat mahal. Masalahnya adalah, sebagian besar pengusaha ketika pertama kali memulai biasanya tak memiliki modal banyak.

Jika uang tunai adalah penghambat Anda untuk menjadi pengusaha, simak terus tips cara buka usaha sendiri dengan modal minimal. Ketahuilah bahwa ada banyak ide bisnis modal minim yang dapat Anda coba untuk memulai bisnis Anda sendiri. Salah satu yang layak untuk dicoba adalah bisnis franchise atau waralaba. Seseorang yang ingin memulai bisnis baru sering menganggap waralaba adalah opsi terbaik. Ada franchise di hampir setiap industri yang bisa Anda bayangkan, sehingga pilihannya tidak terbatas. Bagaimana Anda mempersempitnya dan akhirnya memutuskan yang terbaik sementara modal yang anda miliki terbatas?

Meskipun Ada banyak pilihan franchise, memilih yang sesuai dengan hasrat dan keahlian Anda adalah kuncinya. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, dari biaya waralaba hingga dukungan yang ditawarkan oleh kantor pusat perusahaan. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, mulailah dengan bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan luas yang akan menempatkan beberapa parameter pada pencarian waralaba Anda.

1. Apa tujuan pribadi saya?

Setiap orang memiliki motivasi berbeda karena ingin menjadi wirausaha. Pertama, tanyakan pada diri Anda apa tujuan Anda, Apakah Anda ingin menghasilkan uang, menghabiskan lebih banyak waktu di rumah atau mengambil langkah kewirausahaan dalam karier Anda? Dengan mencari tahu tujuan aktual Anda, maka Anda akan dapat menentukan franchise apa yang cocok untuk membantu Anda memenuhi tujuan tersebut.

2. Apa yang menjadi kekuatan saya?

Pemilik waralaba yang paling sukses melakukan pekerjaan yang sesuai dengan mereka dan mencari cara untuk mendelegasikan atau mengalihdayakan fungsi-fungsi yang mungkin tidak baik atau memiliki waktu untuk melakukannya. Jangan mencoba menjadi ahli dalam segala hal, cari kemungkinan untuk melakukan outsourcing fungsi-fungsi yang membutuhkan keahlian untuk memungkinkan diri Anda fokus pada yang lain. Misalnya, Anda bukan seorang akuntan jadi Anda tidak akan mencoba mengelolanya sendiri. Sebaliknya, Anda akan melakukan outsourcing ke pihak lain yang kompeten.

3. Peran apa yang ingin saya mainkan dalam bisnis ini?

Ada dua jenis pemegang waralaba: pemilik yang mempekerjakan karyawan untuk mengelola bisnis sehari-hari, dan pemilik yang terlibat langsung dalam menjalankan bisnis. Banyak pemilik waralaba yang menawarkan kesempatan terjun langsung mengelola usaha sementara yang lain menawarkan lebih banyak peluang manajemen. Pertanyaan yang perlu ditanyakan pada diri sendiri adalah  Apakah anda benar-benar ingin melakukan pekerjaan tertentu setiap hari? Apakah anda ingin memimpin sebuah perusahaan?.

4. Berapa modal investasi saya?

Biaya waralaba sangat bervariasi, tergantung pada industri dan model bisnis tertentu. Ada waralaba yang sudah bisa jalan hanya dengan sejuta dua juta sementara yang lain perlu modal ratusan juta Rupiah. Para calon franchisee tentu harus mempertimbangkan investasi awal terhadap pengembalian yang diharapkan, dan juga keuntungan yang ingin diraih. Membuka waralaba makanan biasanya membutuhkan modal lebih tinggi daripada waralaba lain. Terserah calon franchisee untuk memutuskan berapa banyak mereka ingin berinvestasi dan apa yang akan membantu mereka mencapai tujuan mereka, baik jangka pendek dan jangka panjang.

Meskipun jenis usaha yang dipilih hanya membutuhkan modal minimal, namun pastikan untuk memberikan kelebihan sebesar 40 %. Menyediakan modal lebih dari kebutuhan itu bertindak sebagai uang cadangan dalam mengantisipasi hal-hal yang mungkin luput dari perhitungan.  Jika sekiranya uang pribadi tidak mencukupi untuk modal, ada beberapa cara yang bisa diambil misalnya meminjam ke bank atau orang-orang terdekat. Hanya saja pikir-pikir lebih dulu bila ingin mengajukan kredit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.