7 Ide Dekorasi Kantor Senyaman Di Rumah Sendiri. Budaya kerja telah berkembang pesat akhir-akhir ini dan menjadi fenomena baru di berbagai belahan dunia. Kesejahteraan para pekerja kantoran yang meningkat memicu perkembangan baru dalam dekorasi kantor. Para desainer interior telah banyak menuangkan ide-ide meraka dalam hal desain dan dekorasi kantor agar senyaman di rumah sendiri. Berbagai ide dekorasi kantor itu diantaranya adalah :

Lantai Terbuka

Penggunaan sedikit penyekat adalah panorama indah untuk dilihat dalam desain kantor modern. Menciptakan lebih banyak pemandangan lepas ke berbagai ruang lain. Secara keseluruhan desain dan dekorasi kantor ini juga merupakan langkah untuk meningkatkan kesehatan karyawan. Lantai terbuka juga memudahkan para karyawan untuk berkeliling, sehingga mendorong orang untuk bergerak lebih sering.

Psikologi Warna

Penggunaan psikologi warna dalam sebuah desain ruangan kantor adalah tren yang sangat populer. Warna terbukti memiliki efek tertentu pada kebanyakan orang tanpa disadari. Misalnya, nuansa warna orange akan membuat karyawan merasa lebih energik karena mengingatkan pada hal-hal seperti matahari musim panas dan jeruk segar yang matang. Hijau, kuning, dan biru juga biasa diaplikasikan dalam dekorasi kantor modern. Aplikasikan warna-warna tersebut ke dinding, meja, kursi, lemari kabinet dan bahkan gorden roller blind yang digunakan.

Sentuhan Rumah

Sentuhan rumah dalam sebuah dekorasi kantor akan membuat setiap karyawan merasa rileks sehingga bisa bekerja dengan tenang dengan perasaan tertekan yang lebih sedikit. Kursi yang nyaman di sekitar meja akan merangsang brainstorming ide-ide baru dengan rekan kerja. Pemasangan jendela dengan ukuran besar akan membuat ruangan menjadi cerah dengan memasukkan cahaya matahari dari luar ke dalam. Jendela besar pun bisa dilengkapi dengan gorden jenis roller blind agar penghuni bisa mengatur sendiri berapa intensitas cahaya matahari yang bisa menerobos masuk.

Ruang Serba Guna

Keserbagunaan membantu tugas kantor modern dengan baik. Desain kantor yang melayani berbagai keperluan akan ikut berperan bagi karyawan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Ini juga sesuai dengan tuntutan serba cepat saat ini. Satu area dapat berfungsi sebagai ruang bagi dua rekan kerja untuk bekerja bersama dengan nyaman, sebagai tempat untuk istirahat, dan sebagai tempat untuk mengadakan pertemuan informal hanya dengan menempatkan beberapa kursi atau sofa di sekitar meja. Tambahkan permadani atau penyekat ruang berwarna hijau antara ruang kerja dengan ruang rileks. Ruang kantor yang dapat berfungsi sebagai ruang pertemuan dan sekaligus juga tempat untuk bersantai saat makan siang memungkinkan luasan ruang kantor yang lebih kecil namun tetap terlihat mewah.

Integrasi Modern dalam Mebel

Perabotan yang melayani aktifitas karyawan sehari-hari akan membuat mereka bekerja dengan lebih mudah. Meja dan area kerja yang mengintegrasikan teknologi namun dengan penataan yang rapi akan membuat semangat bekerja karyawan  tetap tinggi. Tak ada kabel komputer atau telepon yang berseliweran di bawah meja yang membuat ruangan teras sumpek. Atau tumpukan berkas tak terpakai yang terkesan jorok akan membuat karyawan malas bekerja. Aplikasi gorden roller blind di jendela pun akan menambah modern dan juga praktis.

Unsur Alami

Desain biofilik adalah ilmu yang berfokus untuk memasukkan unsur-unsur alami ke dalam lingkungan buatan. Desainer tentu tidak dapat meniru sinar matahari alami ke desain interior. Namun, mereka dapat mendekorasi dengan tanaman, yang membawa elemen alami di dalamnya.  Tanaman juga membantu membersihkan dan memurnikan udara dalam ruangan selain menurunkan tingkat stres karyawan yang memandangnya. Selain tanaman hidup, elemen-elemen seperti panel kayu di dinding dan langit-langit, aksen batu, fitur air, dan perapian semuanya menambahkan sentuhan alam yang memikat sekaligus menenangkan.

Area Lounge

Menyulap ruang kantor menjadi semacam Lounge mungkin terdengar kontraproduktif dengan semangat bekerja. Tetapi kenyamanan memainkan peran utama dalam meningkatkan kreativitas itu tak bisa dibantah. Tempat untuk bertukar pikiran antar karyawan dalam membahas suatu proyek membutuhkan area yang nyaman. Itulah pentingnya dekorasi kantor dibuat semacam ruangan sekelas lounge.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *